Sabtu, 21/05/2016 11:48

Berani Jadi Kreatif di Bakti Literasi

Tanah Ombak CCA-Indonesia

Persiapan melukis galon cat

Berani kreaktif. Anak-anak Tanah Ombak siap-siap untuk melukis Galon Cat yang akan digunakan menjadi pot bunga

Memaknai Hari Pendidikan Nasional, Hari Buku Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada bulan Mei ini, Ruang Baca Tanah Ombak dan Coca Cola Amatil (CCA) Indonesia, menggelar Bakti Kreatif Literasi, 20 Mei. Kegiatan dimulai pukul 14.30, diikuti puluhan anak-anak dan remaja tanah ombak yang bermukim di Purus III Padang.


Adapun kegitan kreatif yang digelar, berupa mewarnai galon cat yang akan dijadikan pot bunga. Anak-anak diberi cat warna-warni, diberi kebebasan mewarnai atau melukisnya. Ternyata aksi anak-anak tersebut menjadikan suasana meriah. Bahkan ibu dari anak-anak pun ikut serta.


Yusrizal KW, Ketua Komunitas Padang Membaca yang juga merupakan salah seorang founder Tanah Ombak, mengatakan, anak-anak Tanah Ombak memang diupayakan selalu punya kegiatan kreatif, baik dilakukan sendiri dan bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti dengan CCA-Indonesia. Tentu kegiatan wajib mereka membaca buku.


Menurut Yusrizal KW, gerakan membangun budaya baca, harus digerakkan dengan potensi kreatif yang mendukung atau didukunganya. Karena itu, program literasi, lebih kepada bukan sekadar membaca dan menulis, tetapi juga kepada memahami apa yang dibaca dan ditulis sembari melejitkan potensi diri, baik dalam bentuk musik, tear maupun melukis.


Syuhendri, Ketua Lembaga Tanah Ombak, mengatakan bahwa yang kita harapkan dari setiap kegiatan, anak-anak sekitar pantai Purus Padang ini bisa tertarik dan menjadikan Tanah ombak ruang belajar alternative mereka.


Yayan Sopian, Regional Public Affairs and Communication Manager CCA Indonesia merasa senang dengan sensasi acara yang berlangsung lancar. Berani kreatif, katanya, merupakan pernyataan orang hebat, dengan berani unjuk karya atau potensi diri.
Ditambahkan Yusrizal KW, pot bunga yang telah dilukis akan ditanami bunga atau tumbuhan hijau yang diharapkan menawarkan suasana hijau dan sejuk di area dan gang Tanah Ombak. Dan pot bunga yang telah ditanami, nanti akan ditunjuk kelompo anak yang merawatnya. Tugas mereka menjaga tanaman yang diamanahkan kepada mereka tidak mati, melainkan subur dan hijau.


Dalam Bakti Kreatif ini CCA-Indonesiakan menyumbangkan buku-buku bacaan berikut lemari bukunya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para aktivis literasi, seperti dari Forum Indonesia Muda (FIM), REM 15 (Relawan Membaca 15 Menit), Komunitas Motivasi Membaca BONSAI, dan Komunitas Padang membaca. (Obe/Tambo)

Baca Juga:
Jum'at, 15/06/2012 07:56

Spanyol Menang, Irlandia Tersingkir