Rubrikasi /

SMA Negeri 3 Padang

Tegakkan Disiplin, Siswa Terlambat Menyapu Jalan

Inioke.com , Kamis, 11 April 2013 09:47 wib

Siswa SMA 3 Padang berbaris di halaman sekolah. (dok. SMA 3 Padang)

Disiplin harus menjadi “panglima” di SMAN 3 Padang. Penegakan disiplin ini tidak bisa ditawar-tawar. Begitu benar Kepala SMA N 3 Padang Dra Hj Monalisa, memperingatkan para siswa dan warga sekolah lainnya.

Pagi kemarin (10/4), beberapa siswa mendapat jatah penerapan disiplin tersebut. Mereka yang terlambat ini diberi sanksi menyapu jalan dan lingkungan sekolah. Kata Monalisa, dari dulu hingga kini, setiap siswa-siswi yang terlambat pasti menerima sanksi dan tidak bisa  ditawar-tawar. Di antara sanksinya itu, berbaris di halaman sekolah, setelah itu membersihkan lingkungan sekolah, membersihkan jalan raya menuju sekolah. Pelaksanaan sanksi ini diawasi guru, wakil kepala sekolah hingga kepala sekolah, serta satpam.

“Semuanya tahu, di SMA N 3 Padang setiap hari masuk pukul 06.30 WIB. Bel berbunyi langsung masuk ke kelas masing-masing. Bersamaan dengan itu, guru yang  mengajar hadir di kelas, berdo’a dan melantunkan Asma Ul Husnah selama kurang lebih 4 menit untuk mengawali proses belajar mengajar,” ungkapnya.

Begitu juga dengan para guru, tidak menerima alasan apapun dari siswa-siswi yang terlambat, seperti macet, terlambat bangun, kendaraan mogok dan lain sebagainya. Artinya, siswa harus bangun pagi dan mempersiapkan diri ke sekolah sebelum bel berbunyi. (gry)