Berita /

Calon Paskibraka Propinsi Sumatera Barat Jalani Karantina

Oleh : Ade Suhendra , Minggu, 05 Agustus 2012 14:51 wib

Logo Paskibraka (harataa.deviantart.com)

Sebanyak 54 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Sumatera Barat tengah mengikuti kegiatan pelatihan pembinaan calon paskibraka propinsi Sumatera Barat tahun 2012 di Asrama Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), (5/8).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Barat, (4/8) lalu ini akan berlangsung sampai pada tanggal 18 Agustus 2012.

Dalam masa karantina ini, calon paskibraka propinsi Sumatera Barat akan mendapatkan beberapa materi tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB), teknis pengibaran bendera, dan pendidikan peningkatan wawasan kebangsaan dan kebhineka tunggal ikaan melalui pendekatan desa bahagia.

 

Hari Wardana selaku panitia dalam karantina calon paskibraka menjelaskan bahwa pendekatan desa bahagia ini dilakukan agar calon paskibraka bisa mandiri dan saling kerjasama satu sama lain. Sehingga nantinya bisa tercipta kekompakan yang dibutuhkan dalam pengibaran bendera.

 

"Nantinya akan ada perangkat desa bahagia yaitu Pak Lurah dan Buk Lurah yang akan mengkoordinir calon paskibraka lain dalam berkegiatan. Dimana status pembina hanya sebagai pengawas yang mengarahkan jalannya proses karantina," jelas Hari Wardana.

 

Sementara itu, Hari Wardana juga menambahkan bahwa dalam karantina nantinya calon paskibraka akan menjalani beberapa latihan yang terbagi atas latihan pagi dan latihan sore. Latihan ini, Hari menambahkan nanti akan dilakukan latihan tambahan pada sepuluh hari menjelang penaikan bendera pada 17 Agustus 2012 mendatang.

"Untuk memantapkan formasi dan teknik pengibaran bendera maka akan dilakukan latihan tambahan pada malam hari," tambahnya.

Calon paskibraka propinsi Sumatera Barat tahun 2012 ini akan dikukuhkan pada 16 Agustus 2012 mendatang oleh Gubernur Sumatera Barat.