Berita /

Inilah Logo Olimpiade dari Masa ke Masa

Inioke.com , Kamis, 26 Juli 2012 08:26 wib

London, 2012

Olimpiade London tahun ini segera menjelang. Logo Olimpiade London 2012 ini istimewa. Logo ini dibuat dua, yang satu untuk pengundian dan yang satu lagi untuk merk Olimpade. Logo yang digunakan kini merupakan hasil desain Wolff Olins dan menggambarkan angka 2012 dengan gelang Olimpiade dan tulisan London di angka 2. Warnanya adalah hijau, magenta, oranye, dan biru. Logo ini diluncurkan pada 4 Juni 2007 dengan biaya 400 ribu Euro.

 

Beijing, 2008

Logo ini diluncurkan pada tahun 2003 dengan nama Dancing Beijing. Logo berwarna merah ini berupa stempel merah yang di bawahnya terdapat tulisan Beijing 2008 dan diikuti oleh gelang-gelang Olimpiade. Warna merah yang digunakan diartikan sebagai keberuntungan dan juga warna penting bagi masyarakat China. Di dalam logo tersebut terdapat kaligrafi karakter "jing" yang bentuknya seperti tubuh naga dengan tangan terbuka.


Athena, 2004

Logo Olimpiade 2004 ini berwarna biru yang di dalamnya terdapat gambar daun-daun zaitun yang disusun serupa mahkota. Dulunya, mahkota tersebut biasa diberikan kepada pengunjung. Tradisi ini dilaksanakan kembali untuk pemenang medali dalam Olimpiade 2004 ini. Di bawahnya, terdapat tulisan Anthens 2004 dan gelang-gelang Olimpiade.

 

Sydney, 2000

Logo yang didesain oleh arsitek dan desainer grafis Michael Bryce ini diluncurkan pada September 1996. Dengan warna-warna cerah, biru, kuning, dan merah, logo ini menyerupai gambar atlit yang membawa obor dan menghasilkan siluet asap. Siluet tersebut menyerupaai siluet Opera House Sydney.

 

Atlanta, 1996

Logo Olimpiade Atlanta 1996 ini menyerupai gambar obor dengan api yang menyala berwarna merah dan tiga bintang berwarna biru, ungu, dan kuning di atasnya. Gelang olimpiade menopang obor tersebut dengan angka 100 di bawahnya.

 

Barcelona, 1992

Logo hasil rancangan Josep Maria Trias ini menyerupai gambar orang yang sedang melompat. Ada tiga warna yang digunakan dalam logo ini, yaitu biru, kuning, dan merah. Warna biru melambangkan kesederhanaan, kuning sebagai keramahan, dan merah sebagai semangat.

 

Seoul, 1998

Warna biru, merah, dan kuning juga digunakan dalam logo Olimpiade 1998 ini. Logo Olimpiade Seoul ini berbentuk lingkaran yang melambangkan pergerakan perdamaian dunia.

 

Los Angeles, 1994

Logo Olimpiade ini sesuai dengan namanya Stars in Movement. Bergambar bintang berwarna merah, putih, dan biru, logo ini dibuat seolah bergerak dengan adanya garis-garis horizontal yang berjumlah 13.

 

Moskow, 1980

Logo Olimpiade Moskow 1980 berwarna merah dan berbentuk garis-garis sejajar yang membentuk piramida. Di atasnya terdapat gambar bintang dan di bawahnya terdapat gelang-gelang Olimpiade.

 

Montreal, 1976

Logo berwarna merah ini serasi dengan maskotnya, yaitu Amik, seekor berang-berang. Logo ini bergambar ekor berang-berang yang juga menyerupai jari-jari tangan dan di bawahnya dilanjutkan dengan gelang-gelang olimpiade yang juga berwarna merah.

 

Munich, 1972

Logo yang menyerupai gambar matahari berwarna biru ini merupakan hasil rancangan Viktor Vasarely.

(op/berbagai sumber)