Berita /

Festival Rendang Padang 2012

Festival Rendang Padang 2012 Libatkan Remaja

Oleh : Restiana Nurman , Rabu, 20 Juni 2012 15:39 wib

Jumpa Pers dalam Rangka Mensosialisasikan Festival Rendang 2012

Festival Rendang 2012 yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Juni kali ini melibatkan remaja. Peserta festival terdiri dari tiga kategori, yakni kategori Rang Ranah (diikuti oleh 5 tim yang terdiri dari 3 anggota utusan kabuaten/kota se-Sumatera Barat), Rang Rantau (diikuti oleh 1 tim, yang terdiri dari 3 orang utusan organisasi/Ikatatan Keluarga Minang dari seluruh Indonesia dan luar negeri), dan Rang Mudo ( diikuti oleh 1 tim remaja, yang terdiri dari 2 anggota utusan kabupaten/kota se –Sumatera Barat).

Pada jumpa pers hari ini dalam rangka mensosialisasikan festival rendang, Rabu (20/6), di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat, didapat informasi bahwa telah tercatat 100 tim, yang terdiri dari tim di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Pulau Bali. Dan 2 tim dari luar negeri, yaitu dari Amerika dan Brazil, bahkan Meksiko pun dikabarkan akan ikut berpartisipasi.

Setiap tim untuk kategori Rang Ranah dan Rang Rantau wajib memasak rendang 3 kg daging, dan setiap tim untuk kategori Rang Mudo wajib memasak rendang dari 2 kg daging dan setiap tim untuk kategori Rang Mudo wajib memasak rendang 2 kg daging. Panitia menyediakan biaya untuk pengadaan bahan baku rendang dan penggantian uang transportasi setiap tim sebanyak Rp 500.000,- panitia juga menyediakan peralatan untuk keperluan memasak rendang berupa kuali (wajan), tungku, kayu bakar, saluang api, dan sanduak. Penginapan masing-masing satu kamar selama satu malam (H-1) untuk setiap tim juga disediakan oleh panitia.

Kegiatan Festival Rendang 2012 pada tanggal 26 Juni yang akan berlangsung muali dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB di Taman Budaya Sumatera Barat. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2012, bersamaan dengan final Lomba Cipta Lagu Rendang, pukul 20.00 WIB .(*)